Your Ad Here

Senin, 18 Januari 2010

proxy server dengan CCPROXY

Pusing dengan banyaknya user yang mengakses internet dalam satu jaringan di kantor anda, kadang mereka download file2x besar. Berikut ada caranya kita akan membatasi seluruh pemakai internet dengan proxy server.

Sebelum melakukan instalasi ccproxy, terlebih dahulu tentunya harus memiliki file installer ccproxy ver 6.64 yang bisa dilakukan dengan mesin pencari dengan kata kunci yang tepat atau langsung ke pembuatnya Klik Disini . ccproxy adalah sebuah software yang berlisensi dan untuk mendapatkannya tentu tidak gratis, sementara saya menngunakan file installer yang asli dan saya mencari keymakernya sendiri.


Dalam hal ini saya tidak menganjurkan untuk menggunakan software bajakan, tetapi karena yang saya miliki menggunakan keymaker, maka tutorial ini juga berdasarkan instalasi yang saya dapat, tanpa ada maksud menggunakan software bajakan. hormatilah dan hargai hasil karya orang lain.

beberapa persiapan sebelum install ccproxy :

1. Siapkan sebuah server untuk CCPROXY, dengan memory min 256 mb, dan 2 ethernet card. untuk server ini tidak perlu diinstall apapun kecuali : ccproxy, windows xp, dan antivirus.

2. Jika modem anda lansung terhubung ke hub atau switch, sebaiknya diputuskan dahulu hubungan modem ke hub, dengan mencabut kabel jaringan yang menghubungkan dari hub/switch ke modem anda.

3. Kalau sudah tidak ada lagi koneksi hub ke modem, maka selanjutnya kita melakukan pembagian internet conection melalui proxy server kita. Pastikan anda telah memasang kedua ethernet card pada proxy server.

4. Pastikan salah satu koneksi terhubung ke hub/switch jaringan lokal anda, dan satu koneksi terhubung ke modem.

5. Untuk jaringan yang terhubung ke internet bisa anda gunakan ip internet yang telah diseting jika anda menggunakan modem router, atau gunakan DHCP dengan mengklik "Obtain IP Address automatically" dan "Obtain DNS Server Address Automatically".

6. Untuk yang terkoneksi ke hub, gunakan ip local yang digunakan untuk jaringan anda.

Install dan konfigurasi CCPROXY.

1. Jalankan file eksekusi dan akan jalan dengan sendirinya, kita hanya tinggal mengikuti langkah-langkah yang disarankan dalam proses, seperti layaknya instalasi terhadap software lain pada windows. setelah proses instalasi selesai, maka komputer akan minta untuk direstar. ( jika menggunakan demo versionya maka akan terbatas dalam 3 user. )

2. Setelah disrestart jalankan file ccproxynya, setelah tampil matikan dulu program dengan cara mengklik stop.

3. Klik Options, hilangkan centangan pada : Mail, DNS, Web Cached, Remote Dial Up, Auto Hide, Port Map, FTP, Telnet, News. dan Beri Centangan pada : Auto Startup, NT Services, Auto Detect, HTTP/RTSP, Secure, FTP(WEB), Gopher, SOCKS/MMS. Kemudian Klik Ok.

4. Klik Account, pada options permit category pilih permit only, Auth Type pilih Ip Address, untuk menambahkan ip address user mana saja yang boleh mengakses klik New, dalam hal ini kita membagi beberapa group user berdasarkan Departemennya yaitu : Marketing, Humas, Keuangan, Manager, Umum, HRD caranya :
  • caranya setelah klik New pada Account Manager maka akan keluar form account
  • pada user/group name isikan dengan Manager
  • berikan centangan pada As Group, maka biarkan semua pilihan pada defaultnya, klik ok atau save.
  • nah untuk yang berikutnya seperti : Marketing, Humas, Keuangan, HRD berikut caranya, proses hampir sama dengan proses diatas namun ada perbedaannya yaitu : maksimum conection biarkan -1, download bandwidth ganti dengan 20000, dan upload bandwidth ganti dengan 20000, hilangkan centangan pada : mail, telnet, remote desktop, ftp, socks, others. dan biarkan centangan pada www.
  • Untuk Umum masukan download bandwidthnya : 10000, upload bandwidthnya : 10000, hilangkan centangan pada : mail, telnet, remote desktop, ftp, socks, others. dan biarkan centangan pada www.
  • Klik Ok/Save
setelah semua group kelar maka kita akan mengelompokan user berdasarkan ip dan groupnya :
  • Klik account, kemudian klik New.
  • PadaUser/Group Name : isikan dengan nama pengguna komputer agar lebih mudah dikenali.
  • pada IP address/IP range : isikan dengan nomor ip user. jangan lupa centang enable.
  • beri centangan pada Belongs To Group : pilih group dimana user yang anda buat bernaung.
  • Klik Ok atau Save.
  • lakukan cara diatas untuk mengelompokan para user sesuai grupnya
5. selesai dan jalankan dengan klik start.


:D

mau bertanya silahkan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar